7 Makanan Terbaik Mencegah Anemia, dari Bayam hingga Ubi Merah

Senin, 12 Agustus 2024 - 13:27 WIB
loading...
7 Makanan Terbaik Mencegah...
Suka pusing secara tiba-tiba? Mungkin Anda mengalami gejala anemia. Makan bayam jadi salah satu solusinya. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA - Pernah mengalami pusing secara tiba-tiba, merasa mudah lelah, pucat, jantung tidak teratur, hingga sulit konsentrasi? Mungkin beberapa kondisi tersebut merupakan gejala dari anemia .

Anemia sendiri merupakan kondisi tubuh yang tidak memiliki cukup sel darah merah, yang disebabkan oleh kekurangan zat besi hingga masalah genetik.



Mengatasinya, Anda bisa mencegah dengan mengonsumsi makanan penambah darah yang mengandung zat besi tinggi. Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Makanan Pencegah Anemia

1. Sayuran Hijau
Sayuran hijau seperti brokoli dan bayam adalah makanan penambah darah yang aman untuk lambung dengan zat besi tinggi.

Misalnya, dalam 100 gram bayam atau brokoli mengandung 2,7 milligram zat besi. Jumlah tersebut sudah memenuhi kebutuhan asupan harian tubuh terhadap nutrisinya.

Namun, perlu diperhatikan, dalam mengolah sayur penambah darah ini sebaiknya dimasak hingga matang agar khasiatnya bisa dirasakan secara optimal.

2. Makanan Tinggi Asam Folat
Asam folat merupakan salah satu jenis nutrisi vitamin B kompleks yang cukup dibutuhkan oleh tubuh, karena berperan dalam memproduksi sel darah merah.

Contoh makanan penambah gula darah yang mengandung tinggi asam folat adalah seperti hati unggas, kecambah, kacang tanah, pisang, hingga sayuran berdaun hijau.

3. Delima
Delima adalah salah satu makanan penambah darah dan dapat membantu meningkatkan hemoglobin. Berdasarkan data jurnal terbitan HHS Author Manuscripts pada 2014 yang melibatkan 19 peserta, sebagian orang saat mengonsumsi 1000 mg ekstrak buah delima, mengalami perubahan-perubahan peningkatan aliran darah serta ukuran pembuluhnya.

4. Vitamin B12
Sel darah merah yang tidak berkembang sempurna akan lebih cepat mati, sehingga tubuh pun akan kekurangan darah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)